Jumat, 25 September 2020

Prosedur dan Teknik Pemeriksaan Permasalahan pada Sistem Telekomunikasi VoIP

    PROSEDUR DAN TEKNIK PEMERIKSAAN PERMASALAHAN 

PADA SISTEM KOMUNIKASI VOIP


1.       LATENCY

Ø  Waktu yang dibutuhkan suatu perangkat untuk meminta hak akses ke jaringan sampai mendapatkan hak akses itu.

Ø  Jenis Latency :

a.       Real

Berhubungan dengan fisikal jaringan dan karakteristik penyambungan dari media pengangkutnya.

Contoh : Pensinyalan listrik, Clocked speed.

b.      Induced

Delay akibat antrian peralatan jaringan.

Contoh : Ethernet card router.

 

2.       DELAY

Permasalahan pada waktu delay, yaitu bagus tidaknya suara. Besar delay maksimum oleh ITU untuk aplikasi 12 oms, delay maksimum kualitas suara yang diterima 25 oms.

 

3.       JITTER (Variasi Delay)

Variasi delay akibat adanya selisih waktu/interval antar kedatangan paket diterima. Ditangani dengan mengatur metode antrian pada router saat terjadi kongesti (perubahan kecepatan)

 

4.       PACKET LOSS

Kehilangan paket data pada proses transmisi karena terdapat penumpukan data jalur yang dilewati pada saat beban puncak (peak load) yang menyebabkan kemacetan transmisi paket akibat padatnya trafik yang harus dilayani dalam batas waktu tertentu.

 

5.       SEQUENCE ERROR

Perubahan kecepatan dalam jaringan paket switch yang mengakibatkan paket mengambil route berbeda untuk mencapai tujuan yang sama. Dan paket akan sampai dengan urutan yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lirik Nemu - Gilga Sahid

Lagu Nemen Pencipta : Iskandar Hanafi Vokal/Artis : Gilga Sahid Nemu koe pas ati ambyar-ambyare Pacar seng tak tresnani ninggal aku golek li...